Kamis, 27 Januari 2011

Keunggulan Linux

Linux disini dapat berkonotasi ke "distro" Linux atau Kernel Linux. Tergantung dari makna yang terdapat dalam pembahasan. Berikut garis besar sejumlah keunggulan Linux.





1. Linux Gratis
Pikirkan Anda mendapat "minuman gratis". Linux itu 100% gratis, bukan shareware. Meminjam kopian Linux dan menggunakannya pun masih termasuk legal. Atau membeli CD-ROM Linux dengan hanya mengganti biaya pembakaran CD dan mungkin beberapa benda lain (manual, aplikasi bonus, dukungan teknis, dan lain-lain). Linux bahkan dapat diambil dari Internet tetapi akan menghabiskan banyak waktu dan biaya download yang tidak murah. Hanya saja untuk saat ini, beberapa distro Linux seperti RHEL dan SUSE Linux Enterprise, tidak dapat Anda download dan distribusikan secara gratis. Namun jangan khawatir, sejumlah distro lain seperti Ubuntu, CentOS, Mandriva Free Edition dan openSUSE, tidak kalah hebat dengan distro komersial seperti RHEL dan SUSE Linux Enterprise.

2. Linux siap pakai
Sistem operasi lain memberikan aplikasi awal yang sangat sedikit, mungkin editor teks, aplikasi grafis sederhana dan beberapa permainan dan pengguna harus membeli tambahan aplikasi lainnya. Linux memberikan hampir semua yang pengguna butuhkan dan inginkan. Antara lain: editor teks, aplikasi perkantoran, aplikasi pengolah gambar, web browser, pemutar audio/video, kompiler, utiliti dan banyak lagi, hanya dalam sebuah keping DVD. Semua ini banyak yang bersifat free. Menariknya lagi, aplikasi yang disertakan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan aplikasi komersial sejenis yang terdapat di platform sistem operasi lain.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sip, seharusnya linux bisa menyaingi os lainnya...

Posting Komentar